Home Software 13 APLIKASI UNTUK ATASI MASALAH HARDISK
Software
13 APLIKASI UNTUK ATASI MASALAH HARDISK PDF Print E-mail
Written by Admin USI FE Unair   
Tuesday, 07 August 2012 05:39

Pernahkah harddisk pada komputer anda mengalami carsh, tidak terbaca, bahkan mengeluarkan bunyi yang sedikit terdengar horror? Jika ya, anda memiliki pengalaman yang serupa dengan kami.

Beberapa solusi mengenai masalah ini bisa beragam. Hal itu terbukti ketika kami melakukan penelusuran melalui Internet. Sudah banyak kasus serupa dengan berbagai penyelesaian masalah. Memang komponen hardisk terbilang jarang diperhatikan, tetapi kita baru menyadarai ketika ia mulai bermasalah. Sungguh ironis,bukan?

Tindakan bijak yang sebenarnya dapat dilakukan adalah memonitor dan mengetahui informasi tentang harddisk kita. Sebetulnya, semua drive modern memiliki teknologi pementauan yang disebut SMART (Seft Monitoring Analysis and Reporting Technologi). SMART terus menerus memantau sejumlah parameter pada hard drive. Banyak parameter yang dapat dimonitor oleh S.M.A.R.T ., termasuk read and write error rates, seek error rates,spin up time , dan temperature. Memonitor parameter sekaligus sebagai tindakan preventif yang memberikan cukup waktu bagi anda untuk melakukan backup data sebelum terlambat ketika mengetahui harddisk anda ternyata bermasalah.

 

 

Seberapa pentingkah “Kesehatan” Harddisk ?

Pertanyaan tersebut memang ditujukan kepada pribadi masing-masing berapa pentingkah kesehatan harddisk? Atau baru menjadi penting seperti cerita seorang teman ketika ia mengerjakan skripsi? Pada saat mendekati hari “H” tiba-tiba corrupt. Hal itu tentunya akan menjadi mimpi buruk bagi yang mengalami. Karena itulah kali ini pengertian harddisk diperluas manjadi tempat penyimpanan file yang sangat berharga, tidak sebatas tempat penyimpanan file biasa.

Harddisk terdiri atas piringan yang berisi data. Piringan terus berputar ketika bekerja dan seiring dengan berlalunya waktu, kinerja dan performanya kemungkinan akan menurun dan manghasilkan bad block of data. Bila data anda termasuk bad block of data,kemungkinan ia tidak dapat terbaca (unreadable). Sangat penting untuk menyadari hal ini sebelum data anda tidak dapat diakses, bahkan hilang.

Checkdisk merupakan salah satu satu tools bawaan dari Windows yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah pada local disk, seperti memperbaiki error pada system atau melakukan scaning dan recovery data. Namun, hal tersebut akan menghilangkan integritas file yang telah diperbaiki.

Sebuah program dan tools monitoring yang tersedia pada Windows tidak mampu sepenuhnya menunjukkan kepada anda apakah integritas suatu file dapat dipertahankan pada drive tertentu atau tidak. Oleh karena itu, pada cover story kali ini, kami memberikan aplikasi freeware untuk mengetahui informasi system, harddisk monitoring, diagnosis, hingga problem solving untuk memperkecil kemungkinan terjadinya error pada harddisk anda.

Last Updated on Tuesday, 07 August 2012 05:41